Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjadi Cantik Dari Manfaat Minyak Zaitun


Sahabat Perempuan, minyak zaitun tentunya sudah tidak asing. Minyak yang berasal dari buah zaitun. Yaitu bentuknya buah yang bulat saat mentah berwarna hijau tapi akan menjadi kekuningan apabila menjelang matang. Minyak Zaitun didapat dari extract buah yang dilumatkan. Hingga mendapatkan minyak, yang sampai sekarang telah memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh atau kulit.


Jenis-jenis Minyak Zaitun

Sebelum membahasnya, sekilas kita perlu ketahui mengenai jenis-jenis minyak zaitun. Jenis-jenis minyak zaitun: Ada beberapa jenis minyak zaitun yang berbeda, termasuk extra virgin, virgin, refined, pure, dan light. Berikut adalah penjelasan singkat tentang beberapa jenis minyak zaitun:

  1. Minyak zaitun extra virgin: Minyak yang dihasilkan memiliki warna hijau, ada rasanya dan aromanya yang khas. Ini hasil dari perasan pertama buah zaitun
  2. Minyak zaitun virgin: Hasil dari perasan minyak zaitun kedua. Kualitasnya berada dibawah dari extra virgin tapi kualitasnya masih baik.
  3. Minyak zaitun refined: Minyak yang biasa digunakan untuk memasak dengan suhu tinggi, pengolahan minyak ini ada tambahan proses dimana cara ini untuk menghilangkan keasaman dan rasa lebih netral.
  4. Minyak zaitun pure: Minyak zaitun yang merupakan campuran antara minyak zaitun virgin dan refined. Minyak ini memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi daripada virgin olive oil
  5. Minyak zaitun light: Minyak zaitun yang mengalami proses pengolahan tambahan untuk menghasilkan rasa yang lebih ringan dan warna yang lebih terang. Namun, minyak ini memiliki kandungan nutrisi yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis minyak zaitun lainnyaMinyak zaitun virgin: Hasil dari perasan minyak zaitun kedua. Kualitasnya berada dibawah dari extra virgin tapi kualitasnya masih baik.

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kecantikan

Sahabat Perempuan, Minyak Zaitun menjadi sebuah karunia dengan banyaknya manfaat. Dan kabar baik untuk para perempuan, minyak zaitun yang cenderung aman digunakan ternyata sangat banyak untuk kecantikan. Dan dengan perkembangan jenis skincare saat ini, minyak zaitun sudah banyak diambil sebagai bagian dari bahan dari skincare.

Berikut manfaat minyak zaitun yang dihimpun dari berbagai sumber : 

  1. Dapat Melembabkan kulit: Minyak zaitun banyak digunakan untuk melembabkan kulit, baik kulit wajah maupun tubuh. Dan mencegah kulit kering. Dapat juga disiapkan untuk sahabat perempuan dalam menyesuaikan cuaca yang ekstrim.
  2.  Bermanfaat bagi peradangan kulit juga untuk ruam dan jerawat
  3. Menghaluskan kulit: Minyak zaitun dapat membantu menjaga kelembutan dan kehalusan kulit
  4. Dapat digunakan sebagai makeup remover, kandungan minyaknya selain mengangkat make up atau riasan, maka dapat juga membuat wajah lebih halus
  5. Ada Kandungan antioksidan dalam minyak zaitun dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah penuaan dini
  6. Dapat menjaga kekenyalan kulit sehingga kulit menjadi lebih elastis.
  7. Minyak zaitun dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan kulit yang terbakar sinar matahari

Cara penggunaan minyak zaitun untuk kecantikan:

  • Sebagai penghapus riasan wajah
  • Sebagai pelembab wajah.
  • Dijadikan masker wajah.
  • Sebagai pelembab bawah mata.

Penting untuk diingat bahwa setiap individu mungkin memiliki reaksi yang berbeda terhadap minyak zaitun, terutama bagi mereka dengan kulit sensitif. Sebaiknya lakukan tes kecil di area kecil kulit sebelum menggunakan secara luas dan konsultasikan dengan dokter atau ahli kecantikan jika diperlukan.