Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Ngantuk Setelah Makan Dan Mengatasinya

Ngantuk Setelah Makan



Ngantuk Setelah Makan adalah hal yang biasa terjadi dan banyak yang mengalami. Ada apa dengan mengantuk setelah makan? Dalam buku Jurus Sehat Rasulullah : Hidup Sehat Menebar Manfaat karya dr. Zaidul Akbar dikatakan “Secara sederhana, saat tubuh membutuhkan energi, otak memberikan sensasi lapar yang kemudian diteruskan untuk dieksekusi melalui makanan yang kita konsumsi. Artinya, saat tubuh kita kekurangan energi dan harus disuplai dengan energi dari luar berupa makanan. Secara normal, berarti setelah energi masuk, apa yang kita rasakan? tentunya kita harusnya semakin berenergi, akan tetapi yang terjadi malah sebaliknya. Kita menjadi ngantuk setelah makan.

Masih di buku yang sama, dijelaskan bahwa keadaan tersebut karena perut yang sudah bermasalah tidak bisa mencerna makanan dengan baik. Penyebabnya cara makan dan makanan yang salah. Sahabat Perempuan, mari kita bahas Mengapa ngantuk Setelah makan?

Faktor-faktor Yang Membuat Ngantuk Setelah Makan

A. Faktor Pencernaan 

Sahabat Perempuan, setelah makanan masuk ke tubuh maka tubuh akan mengantarkan lebih banyak darah ke sistem pencernaan. Dan membuat makanan menjadi nutrisi yang dapat diserap. Ini membuat redistribusi darah dari otak, hal bisa menyebabkan rasa kantuk dan konsentrasi yang menurun. makan, tubuh akan mengalokasikan lebih banyak darah ke sistem pencernaan

Kegiatan pencernaan dibutuhkan peningkatan metabolisme dan aktivitas mengeluarkan enzim. Energi yang diperlukan akan mengurangi energi-energi yang ada untuk aktivitas tubuh lainnya.

B. Faktor Hormon

Mengapa Ngantuk setelah makan? Faktor hormon seperti produksi insulin, karena setelah makan terutama karbohidrat insulin akan dikeluarkan dalam rangka untuk mengurangi gula darah. Kondisi inilah yang membuat mengantuk setelah makan.

Ada juga makanan yang mengandung zat-zat dimana akan merangsang hormon melatonin dimana hormon yang mengatur siklus tidur dan juga hormon serotonin yang berperan dalam mengatur suasana hati dan tidur. Hormon ini membuat perasaan ngantuk setelah makan. 

C. Jenis Makanan

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum, roti dan nasi, dimana jenis makan ini akan memicu insulin dan menyebabkan penurunan gula darah tajam, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Makanan yang mengandung tryptophan yang biasanya terkandung dalam protein.Misalnya ayam, kalkun dan susu. Inilah yang menyebabkan meningkatkan produksi serotonin. 

D. Beban Kerja Pencernaan

Sahabat Perempuan, jika kita makan dalam jumlah besar maka akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras. Sehingga aliran darah akan lebih banyak ke pencernaan dan mengurangi aliran darah ke otak. Ini akan menyebabkan rasa lelah. Yang didefinisikan sebagai Ngantuk setelah makan

Dampak ngantuk Setelah Makan

Menyebabkan produktivitas menurun, bisa dibayangkan jika ini terjadi saat sedang berada dalam kondisi bekerja di luar rumah atau dikantor. Betapa banyak dari kita butuh usaha untuk bisa lebih konsentrasi usai makan siang. Karena saat itu, tubuh memfokuskan sebagian besar energinya pada proses pencernaan. Hal-hal yang membutuhkan pemikiran dan kreativitas akan menjadi tidak mudah diatasi.

Resiko kecelakaan saat berkendaraan. Untuk itu, penting sekali mengantisipasi hal ini. untuk tidak langsung mengendarai kendaraan usai makan. Kondisinya akan terjadi penurunan refleks. Mengancam diri sendiri dan orang lain.

Mempengaruhi kebiasaan atau gaya hidup, perasaan ngantuk setelah makan akan membuat saat-saat produktif di siang hari justru dihabiskan untuk beristirahat. 

Tips Mengatasi Ngantuk Setelah Makan

1. Memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi

Pilihlah makanan yang tepat, seperti sayuran, buah-buahan dan biji-biji utuh. makanan ini mengandung glikemik rendah, akan membantu kadar gula darah stabil, dan menghindari lonjakan dan penurunan tajam sehingga menyebabkan Ngantuk setelah makan.

Kombinasikan makanan yang seimbang antara protein, karbohidrat dan lemak dalam makanan. Makanan dengan kombinasi seimbang akan membantu menjaga energi dan memberikan nutrisi yang baik.

2. Porsi makan yang cukup 

Makan dengan porsi yang cukup, jangan makan dalam jumlah yang besar sehingga menyebabkan kekenyangan. Pencernaan akan mengelola makanan lebih teratur dan tidak bekerja berat. Dan akan menjaga energi yang stabil.

3. Lakukan aktivitas ringan setelah makan.

Jalan-jalan ringan dan singkat. Hal ini akan merangsang sirkulasi darah. Dan membuat kita lebih terjaga. Peregangan ringan, agar tubuh kita waspada terhadap rasa kantuk dan lemas usai makan 

4. Atur waktu makan

Waktu Makan dalam interval yang teratur akan membantu tubuh mengatur ritme biologisnya, mencegah kenaikan dan penurunan energi yang fluktuatif.

5. Konsumsi cairan yang cukup

  • Konsumsi cairan yang cukup. Agar tidak terhidrasi
  • Hindari makan sambil minum, sekalipun sehabis makan. Karena minum setelah makan akan mengganggu pencernaan, air akan membuat glue food atau makanan yang lengket dalam usus.  Dan untuk menghindari tersedak makan dianjurkan untuk mengunyah makanan dengan sempurna.
  • Hindari minuman berkafein yang terlalu banyak atau minuman berenergi yang membuat energi yang meningkat sehingga membuat gampang lelah

Sahabat Perempuan, Ngantuk setelah makan bisa kita atasi atau paling tidak bisa di kurangi pemicunya dengan berbagai cara mulai dari memilih makanan, mengatur aktivitas dan mengatur pola hidup yang baik. Diharapkan jika kita bisa melakukannya, maka kualitas hidup akan semakin baik dan tentu saja menjadi investasi jangka panjang kesehatan kita.