Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menghadapi Siklus Haid Tidak Teratur: Rahasia Keseimbangan Tubuh Perempuan



Sahabat perempuan, kesehatan reproduksi wanita memang menjadi salah satu hal yang sangat penting. Siklus menstruasi dan wanita mempunyai keterkaitan yang erat. Yang merupakan bagian dari tanda tubuh kita sehat.  Namun permasalahan siklus menstruasi yang tidak teratur menjadi perhatian khusus bagi para wanita. Terkadang hal ini merupakan hal  atau tanda pertama dari masalah yang berhubungan dengan wanita. 

Apakah kesehatan reproduksi memiliki dampak besar? Iya, tentu saja. Kesehatan reproduksi berpengaruh terhadap aspek fisik, sosial dan tentunya emosional. Siklus menstruasi yang teratur tidak hanya mewakili keseimbangan hormonal, tetapi juga berperan penting dalam mempersiapkan tubuh untuk  reproduksi.

Menjaga kesehatan siklus haid atau menstruasi  harus benar-benar diperhatikan. Permasalahan siklus haid yang tidak teratur ini banyak dialami oleh wanita. Sehingga menimbulkan kegalauan tersendiri. Siklus haid yang tidak teratur bisa disebabkan oleh berbagai macam kondisi, seperti perbedaan lamanya antara satu siklus dengan siklus berikutnya, pendarahan yang tidak teratur, atau bahkan telat haid selama beberapa bulan. Keadaan membuat semakin tidak nyaman, mau tidak mau akan mempengaruhi kehidupan sosial dan pribadi wanita.

Apa itu Siklus Haid Tidak Teratur?

Kondisi haid yang tidak teratur adalah kondisi dimana tidak ada patokan waktu antara datangnya haid bulan lalu dan bukan berikutnya. Padahal seharusnya siklus haid seorang perempuan berlangsung 21-35 hari dan durasinya selama 2-7 hati. Dikatakan tidak teratur jika permasalahan timbul yaitu  perubahan panjang siklus, jarak antar periode, atau bahkan pendarahan tidak teratur.

Antara  satu wanita dengan wanita lainnya, kemungkinan terjadinya masalah berbeda-beda. Beberapa mungkin memiliki periode yang lebih pendek dari biasanya, sementara yang lain mungkin memiliki periode antar periode yang lebih lama. Ada juga orang yang mengalami pendarahan lebih sedikit atau lebih banyak dari biasanya. Semua ini bisa dianggap sebagai tanda siklus menstruasi yang tidak teratur.

Penyebab umum terjadinya hal ini yaitu hormonal dimana estrogen dan progesteron tidak stabil. Ada faktor lainnya, seperti stres berat, naik turun berat badan yang drastis atau adanya penyakit yang diderita yang menyebabkan hal ini terjadi. 

Gejala-gejala Siklus Haid Tidak Teratur

Kenali gejala-gejala Siklus haid yang tidak teratur agar dapat membantu kamu mengidentifikasi masalah-masalah yang mungkin saja terjadi pada kesehatan seorang wanita. Berikut gejala yang harus diwaspadai :
 
Durasi yang tidak normal, atau tidak teratur. Jarak antar menstruasi setiap bulannya. Bulan yang lalu dan yang sekarang tidak sama, bahkan waktunya berbeda siknifikan.
 
Jumlah volume darah dan pola pendarahannya tidak sama, beberapa bulan lebih deras dan bulan selanjutnya tidak seberapa keluar pendarahannya. 

Mengalami bercak antara periode mensturasi. Hal sering membuat kegalauan bagi Sahabat Perempuan. 
Kram perut atau nyeri yang berlebihan bahkan menganggu aktivitas bagi Sahabat perempuan sehari-hari.

Mood yang berubah sangat extreem. Walau kadang sudah dianggap biasa. Tapi perhatikan jika terlalu berubah, bisa jadi ini terjadi karena perubahan hormon.

Catat Siklus Haid Yang Terjadi Setiap Bulannya

Sahabat Perempuan, hal yang mungkin terabaikan dan jarang dilakukan. Kegiatan mencatat siklus haid. Padahal dengan pencatatan yang teratur, sahabat perempuan akan mudah menyadari jika ada hal-hal diluar kewajaran yang terjadi.
 
Selain itu, pencatatan siklus haid bermanfaat jika nantinya akan berkonsultasi dengan profesional medis dan sederhananya dapat membantu sahabat perempuan untuk merencanakan aktivitas. Salah satunya aktivitas ibadah atau berekreasi ke wilayah yang mengharuskan fisik yang prima tanpa terganggu akibat haid. 

Dengan ini juga sahabat perempuan, akan lebih peduli kira-kira apakah yang terjadi pada akhir-akhir ini, apakah stres, sedang diet atau faktor lainnya. Membuat Sahabat Perempuan menjadi lebih peka lagi terhadap keadaan kesehatan tubuh.

Bagaimana Mengatasi Siklus Haid Yang Tidak Teratur

Sahabat Perempuan, bisa menerapkan beberapa hal di bawah ini yang bisa membantu untuk mengatasi siklus haid yang tidak teratur.

  • Pola Tidur Yang Sehat
Menghindari begadang yang sering, karena kualitas tidur akan mempengaruhi kesehatan Sahabat Perempuan. Cobalah membiasakan tidur yang diawal waktu dan konsisten dilakukan terus menerus. Kualitas tidur yang baik akan mempengaruhi kesehatan hormon dan siklus haid.

Mengatur pola pikiran agar stress yang berlebihan. Faktor yang membuat stress memang diluar kendali kita. Untuk itu, perlu banget buat Sahabat Perempuan melatih diri untuk rilex, misalnya melatih pernafasan, membaca buku atau sekedar me time dengan mencoba hobby yang selama ini terabaikan.

Olahraga juga hal yang disarankan untuk menjadi pola hidup Sahabat Perempuan.

  • Atur Pola Makan
Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita tentunya berpengaruh terhadap kesehatan. Nutrisi, vitamin dan makanan yang tidak sehat akan mempengaruhi keseimbangan hormon. Maka, Sahabat Perempuan, pastikan asupan makanan yang masuk mengandung Konsumsi Nutrisi yang Tepat untuk Menjaga Keseimbangan Hormon: Nutrisi berperan penting dalam menjaga keseimbangan hormon. Pastikan vitamin seperti vitamin D, omega 3 dab zink.

Konsumsi buah dan sayur yang mengandung serat untuk mempengaruhi metabolisme tubuh. Dan juga akan mengurangi peradangan. Jangan mengkonsumsi kafein, gula berlebihan dan alkohol yang dapat menjaga stabilitas hormon. 

  • Konsultasi Dengan Dokter Atau Bidan
Paling penting jika siklus haid tidak teratur sudah sangat mengganggu dan telah melakukan tips yang mudah secara mandiri. Dengan pemeriksaan lanjutan melalui fasilitas kesehatan, hal-hal yang Sahabat Perempuan tidak inginkan tidak terjadi. Atau bisa mudah diatasi lebih awal. Karena sudah terdiagnosis lebih cepat dan dapat melakukan pengobatan yang tepat. 
  
Beberapa hal yang mungkin akan dilakukan dengan USG, tes darah atau tes hormon. Agar hal yang menyebabkan siklus tidak teratur tersebut dapat ditemukan. Dengan konsultasi lanjutan, Sahabat Perempuan jadi lebih tenang dan tahu apa yang harus dilakukan.

Sahabat Perempuan, penting untuk memahami keadaan kesehatan sendiri, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Dan dengan melakukan langkah-langkah yang tepat, diharapkan kegelisahan akibat siklus haid yang tidak teratur dapat diatasi dan dihadapi dengan tenang.