Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Simple Merawat Wajah Yang Benar : Skincare Asik Menyenangkan

 

Sahabat Perempuan, apakah salah satu pertanyaan kamu adalah Bagaimana cara merawat wajah Yang benar? Tapi nyatanya tidak mau repot dan tapi bisa merawat wajah dengan benar. Dan tentunya merawat wajah menghasilkan hasil yang bagus. Glowing dan tetap sehat tentunya.

Hal-hal yang tampak tidak simple untuk sekarang ini, karena informasi begitu banyak dengan produk-produk skincare yang juga tidak kalah banyaknya. Yang menimbulkan kebingungan untuk memilih cara dan produk yang tepat agar apa yang Sahabat perempuan inginkan. Apalagi ini adalah investasi kesehatan untuk wajah kita.

Sebelumnya, pasang mindset bahwa cara merawat wajah agar glowing itu bisa dengan cara simple dan mudah. Dengan memahami jenis kulit kamu. Mari kita bahas langkah-langkah skincare yang tepat agar bisa kita lakukan. 

II. Kenali Jenis kulit Dan Cara Mengidentifikasinya

Dalam memilih perawatan wajah yang tepat, mengetahui jenis kulit wajah adalah bagian yang terpenting. Karena setiap jenis wajah memerlukan perawatan dan kebutuhan yang berbeda juga.

Simple untuk mengenali jenis kulit untuk Sahabat Perempuan ketahui, adapun jenis-jenis kulit yaitu dengan memperhatikan tekstur kulit : 

  • Kulit berminyak dimana berminyak di sebagian besar area wajah, pori-pori besar dan mudah berjerawat.

  • Kulit normal dengan tekstur halus, lembut tidak terlalu berminyak atau terlalu kering.

  • Kulit kering dengan ciri terlihat mudah kusam, kasar dan terasa kencang setelah mencuci wajah.

  • Kulit kombinasi yaitu area T antara dahi, hidung dan dagu berminyak. Sedangkan area lainnya normal atau kering.

Bagaimana bagi Sahabat Perempuan untuk mengenalinya atau cara mengidentifikasinya dengan mudah? Tak jarang dari kita memang belum tahu jenis kulit wajah apa yang dimilikinya atau tidak tahu cara menggolongkannya.

Beberapa cara bisa dilakukan yaitu : 

  1. Mencubit Kulit

    1. Kulit normal: kembali ke bentuk semula setelah dicubit.

    2. Kulit berminyak: kembali ke bentuk semula setelah dicubit, tetapi terasa lebih berminyak.

    3. Kulit kering: tetap berkerut setelah dicubit.

    4. Kulit kombinasi: area T kembali ke bentuk semula setelah dicubit, sedangkan area lainnya tetap berkerut.

  2. Mencuci Wajah dan Memperhatikan teksturnya setelahnya

    1. Kulit normal: terasa lembut dan tidak terlalu kering atau berminyak.

    2. Kulit berminyak: terasa lebih berminyak setelah dicuci.

    3. Kulit kering: terasa lebih kering dan kusam setelah dicuci.

    4. Kulit kombinasi: area T terasa lebih berminyak setelah dicuci, sedangkan area lainnya terasa lebih kering.

  3. Menggunakan kertas minyak

    1. Kulit normal: tidak terdapat minyak berlebih pada kertas minyak.

    2. Kulit berminyak: terdapat minyak berlebih pada kertas minyak.

    3. Kulit kering: tidak terdapat minyak pada kertas minyak.

    4. Kulit kombinasi: terdapat minyak berlebih pada area T, sedangkan area lainnya tidak terdapat minyak.


III. Langkah-langkah Skincare Yang Tepat


  1. Faktor-faktor yang mempengaruhi kulit wajah

  Perawatan wajah yang baik adalah perawatan yang berkesinambungan, tidak instan, memberikan nutrisi kulit baik dari dalam tubuh maupun luar tubuh.

Karena ada beberapa faktor juga yang menyebabkan wajah jadi kurang sehat seperti dari makanan dan dampak dari polusi juga matahari. Hal ini bisa menjadi cara perawatan wajah sehari-hari bagi Sahabat Perempuan semua.

Pemahaman ini perlu diketahui, skincare adalah bagian dari step-step menanggulangi hal-hal akibat faktor-faktor tersebut. 


  1. Mengenali skincare basic dan simple




  Ada perawatan dengan berbagai step-step yang cukup panjang. Dengan beberapa produk yang membuat perawatan jadi terasa merepotkan dan membingungkan. Untuk itu perlu kita kenali tentang skincare basic. Basic skincare, istilahnya, cukup menerapkan hal ini, perawatan sudah bisa mencakup mengatasi permasalahan kulit atau mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dari kulit seperti penuaan dini, jerawat dan kusam.

Skincare basic yang simple dengan 3 step yaitu membersihkan wajah, melembabkan wajah dan melindunginya dari sinar matahari. Secara simple yang dibutuhkan adalah pembersih wajah, pelembab dan sunscreen. Kalaupun mau pelengkap bisa ditambah dengan exfoliasi.

Jika pertanyaannya bagaimana dengan serum, toner atau lainnya? jenis produk itu juga diperlukan. Namun, pada konteks ini, sebagai jawaban cara simple perawatan wajah yang benar. Kita menjawab, apakah perawatan bisa simple? Jawabannya adalah iya.


  1. Produk yang tepat

Sudah mengetahui bahwa skincare basic, maka yang perlu dilakukan lagi oleh Sahabat Perempuan adalah memilih produk yang tepat. Berikut tipsnya : 

  • Produk wajah yang sesuai jenis kulit wajah yang sudah Sahabat Perempuan kenali.

  • Pilih produk dengan BPOM dan beberapa uji coba yang dapat dipertanggung jawabkan. Pilih berbasis alami dan natural bisa coba.

  • Memberlakukan pola hidup yang baik dan sehat. Yang mempengaruhi keadaan kulit dari dalam.


IV. Perawatan Khusus

Ada beberapa cara khusus untuk kasus yang mungkin terjadi, seperti kulit sensitif dan kulit berjerawat. Beberapa langkah khusus adalah tidak sering memegang wajah dengan tangan yang tidak tahu bersih atau tidak, mencuci wajah teratur sesuai standar, 2 kali sehari. Karena terlalu banyak mencuci wajah dengan sabun akan mengurangi kelembaban wajah.

Kurangi kebiasaan makanan yang tidak baik, menjaga pola pikir agar tidak terlalu stress. Mengurangi interaksi dengan matahari langsung tanpa topi atau sunscreen.

Cara simple perawatan wajah yang benar, adalah bagian dari satu langkah kepada langkah lainnya. Dengan dilakukan konsisten dan perlu diketahui semua memerlukan waktu yang tidak sebentar. Perawatan tidak instan agar hasil seperti yang diinginkan Sahabat Perempuan.