Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sederhana Menerapkan Self Care Dalam Kehidupan Sehari-hari


Self Care adalah satu cara untuk membuat kehidupan berimbang. Merawat diri sendiri adalah sebuah bagian penting untuk kita. Self care sendiri sangatlah berpengaruh terhadap kesehatan mental seseorang. Bagimana kita mampu memberikan kepedulian kepada orang lain tapi mengabaikan apa yang menjadi kebutuhan diri kita sendiri.

Daftar Isi
Mungkin ada yang belum mengerti istilah self care dan mengapa kita perlu menerapkan self care di keadaan kehidupan kita yang bisa jadi berbeda-beda satu sama lainnya. Hal-hal yang kita hadapi berbeda dengan kehidupan lainnya.


Jadi kalau ada pertanyaan apakah menerapka  self care itu  mudah? Jawabannya sangatlah tergantung. Tapi untuk bisa menerapkannya dalam kehidupan kita, walau tidak sepenuhnya bisa, sebaiknya kita mencoba untuk menerapkan beberapa bagian kecil yang kita bisa. Saya dan kamu, mari kita coba cara sederhana menerapkan self care dalam kehidupan sehari-hari.


Apa itu Self Care?


Self care sendiri dari bahasanya memiliki arti kepedulian terhadap diri sendiri. Karena tidak jarang dari seseorang yang melupakan kebutuhan diri sendiri dan lebih mementingkan kebutuhan orang lain. 


Jadi kita butuh keseimbangan dalam hidup. Beberapa hal perlu kita penuhi seperti kebutuhan kesehatan, ketenangan dan lainnya yang berhubungan dengan apa yang perlu untuk kehidupan yang sehat baik secara fisik maupun mental. Terlebih lagi kesehatan mental. Beberapa hal terabaikan karena kurang pedulinya kita terhadap apa yang kita mau dan butuhkan. 


Hal ini bukan artinya kalau kamu nantinya akan mengabaikan kebutuhan orang lain yang menjadi bagian dari tanggung jawab kamu, misalnya keluarga. Ini hanya salah satu cara untuk bisa memberikan jalan sederhana agar kamu dan saya bisa lebih bisa menerapkan self care.


Mengenali Kebutuhan Diri Sendiri


Sebelum tahu, sebenarnya apa sih yang perlu dilakukan untuk melakukan self care. Kamu harus tahu dulu, apa sih kebutuhan kamu? apa yang bisa membuat kamu lebih bahagia, tenang dan rilex. Dan apa saja yang membuat kamu tidak nyaman.


Kamu harus indetifikasi dulu apa yang membuat kamu senang. Kebutuhan apa yang kira-kira yang sering kamu abaikan.


Misalnya, kamu merasa bersalah kalau terlalu banyak menonton film, karena ada hal yang terabaikan. Padahal jika itu perlu kamu lakukan dan membuat hidup kamu lebih baik, maka lakukanlah.


Tidak jarang menonton film memberikan kamu persepsi baru tentang kehidupan. Sehingga nantinya kamu akan merasakan kehidupan yang lebih kuat.


Menghindari Hal Yang Tidak Nyaman


Untuk menjadi waras, kadang kita perlu untuk menghindari hal-hal yang memicu stress dalam hidup kita. Terus menghadapi hal-hal yang tidak nyaman akan mempengaruhi kehidupan kamu. Memancing gelisah dan tidak tenang.


Walau saya tahu, tidak semua orang mampu melakukan hal ini karena keadaan. Tapi latih diri untuk tidak peduli terhadap hal yang membuat kamu tidak nyaman. Misalnya, omongan orang yang tidak enak terhadap hidup kamu.


Abaikan dan enjoy terhadap pilihan hidup kamu. Karena ini kamu yang rasakan, kamu yang hadapi. Kamu yang berjuang untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari. Ciptakan waktu untuk kamu lebih rilex tanpa ganguan untuk beberapa saat.


Kenali Protes Tubuh dan Jiwa Kamu


Kalau sudah ada tidak kenyamanan di dalam tubuh kamu, lelah, lapar atau emosi yang muncul. Jangan abaikan warning ketidaknyamanan dalam tubuh kamu.


Lakukan istirahat sejenak dari hal yang melelahkan, atur jarak dari hal yang membuat kamu emosi yang tidak baik.


Self care, artinya kamu sedang peduli terhadap yang kamu rasa tanpa berlebihan. Mampu mengontrol diri terutama emosi. Karena emosi yang tidak stabil berpengaruh terhadap fisik. Beberapa banyak dari orang-orang yang sakit karena kejutan emosi yang tidak bisa ia kendalikan yang terjadi dalam hidupnya.


Hal-hal sederhana yang bisa kamu coba dalam menerapkan self care


Olahraga Ringan


Olahraga dipercaya dapat merubah mood menjadi lebih baik. Selain itu akan membuat kualitas hidup lebih baik, lebih bersemangat dan mudah untuk percaya diri.


Lakukan Hobi Yang Disukai


Melakukan hobi yang kamu sukai akan membuat diri lebih produktif dan membuat rilex dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Karena hobi yang kita lakukan membuat kita sejenak melupakan beberapa hal yang tidak menyenangkan.


Berinteraksi Dengan Orang-orang Yang Positif Vibes


Saya mempercayai apa yang pikiran kita konsumsi akan mempengaruhi hidup kita. Jika positif maka pikiran kitapun akan lebih positif, termasuk jika lingkungan kita terdiri dari orang-orang yang memiliki pemikiran yang positif. 



Menjaga Kualitas tidur


Lelah yang berlebih akan mengganggu aktivitas kamu, juga mempengaruhi semangat kamu dalam menjalani hari-hari yang tidak ringan. Jadi jika waktunya tidur dan beristirahat maka lakukanlah.


Merawat Kecantikan Dan Perawatan


Melihat keadaan tubuh yang terawat akan membuat mood kita menjadi lebih bagus. Tidak ada salahnya jika melakukan perawatan kecantikan dilakukan di sela-sela aktivitas kamu yang padat.


Merayakan Hal Kecil Dengan Bersyukur


Rayakan hal-hal kecil yang berhubungan dengan pencapaian, karena itu adalah bagian dari penghargaan bagi diri kamu sendiri. Tuliskan rasa syukur kamu dan berterima kasilah pada diri sendiri atas apa yang telah kamu lewati dengan baik.


Membuat Rencana Pencapaian Kecil


Saat kamu membuat sebuah perencanaan apakah yang kamu capai untuk menghadapi masa depan. Buatlah rencana-rencana  yang tidak terlalu banyak. Mungkin hanya sekedar rencana kecil. Misalanya membuat masalan sederhana. Lakukan hal-hal yang membuat dirimu bangga.


Lakukan beberapa hal yang mungkin bisa kamu lakukan, sebagai cara untuk menghargai diri sendiri. Kalau bukan kamu yang peduli lantas siapa lagi yang akan peduli terhadap hidup kamu. Jika kamu sudah mudah melakukan self care maka kehidupan kamu akan lebih berarti. Semoga menjadi lebih bersemangat.