Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Tampil Percaya Diri: Cara Menentukan Undertone Kulit Wajah


Bedakan Skintone Dan Undertone

Sahabat perempuan, bagaimana cara menentukan undertone kulit wajah? Jika pernah menggunakan kosmetik atau produk fasion yang paling mewah dan bagus tapi rasanya tidak pas saat dipakai. Tapi sebaliknya jika menggunakan barang biasa saja, justru membuat terlilhat lebih enak dipandang. Kenapa ya?

Bisa jadi salah satunya karena kita belum paham apa itu tone kulit. Tone kulit adalah dasar yang membentuk dasar dari semua pilihan makeup dan pakaian kita. Kalau pas sesuai dengan tone kulit maka hasil yang kita pakai akan memuaskan.

Daftar Isi
Nah, Sahabat Perempuan, mari kita bahas cara memahami warna tone kulit kamu. Agar nantinya saat memakai makeup dan pakaian bahkan sebalum membelinya, kamu sudah tahu kalau ini akan pas dan kamu jadi lebih percaya diri.

Sebelumnya kita bedakan mana skintone (warna kulit) dan undertone kulit. Keduanya adalah dua hal yang berbeda. Skintone adalah warna kulit yang terlihat di permukaan kulit, sedangkan undertone adalah warna dasar kulit yang tidak dapat berubah dan ditentukan oleh gen atau keturunan. 

Skintone biasanya dibedakan dengan warna kuning langsat, warna sawo matang dan putih. Skintone dapat berubah akibat paparan sinar matahari, sedangkan undertone kulit tidak akan berubah.

Mengapa Mengetahui Tone Kulit Penting

Kenapa sih kamu perlu tahu tone kulit kamu? Memahami tone kulit kamu akan membuat kamu mudah memutuskan warna apa yang tepat untuk memilih produk kecantikan. 

Tone kulit mencerminkan pigmentasi kulit kamu, yang bisa terdiri dari warna-warna hangat seperti merah, kuning, atau jingga, hingga warna-warna sejuk seperti biru, ungu, atau hijau. Mengidentifikasi tone kulit membantu kita dalam memahami nuansa dan karakteristik unik kulit kita.

1. Cocokkan Warna dengan Tepat

Saat memilih tone kulit yang tepat akan membuat penampilan lebih menyatu dan pas dipandang. Tapi kalau warna tidak sesuai dengan tone kulit akan membuat lebih pucat atau mungkin kontras terang. So, hati-hati ya. Kamu pastinya mau penampilan kamu bikin percaya diri.

2. Tampil Lebih Alami dengan Makeup

Aliran natural makeup. Perlu banget tahu tone yang tepat. Agar makeup seperti lipstik, fondation dan concealer akan cocok dan membuat hasil lebih mulus. 

3. Menghindari Warna yang Tidak Sesuai

Dengan memahami tone kulit, Anda dapat menghindari memilih pakaian atau makeup dengan warna yang tidak sesuai. Hal ini membantu menghindari penampilan yang tidak meyakinkan atau tidak memadai.

4. Penampilan yang Lebih Seimbang

Akan terlihat seimbang dan harmonis saat pakaian, aksesoris dan makeup dipilih sesuai tone warna kulit. Kamu pasti akan lebih percaya diri dengan penampilan yang pas.

5. Membeli Produk Yang Tepat

Efesiensi. Karena kamu tidak perlu lagi coba-coba sehingga menyebabkan banyaknya barang dan kosmetik yang tidak cocok untuk kamu. Yang akhirnya akan membuat pengeluaran kamu lebih besar.

Jenis-Jenis Tone Kulit

Setiap orang memiliki tone kulit yang unik, termasuk kamu. Jadi jangan pernah banding-bandingkan dengan orang lain ya. Tone kulit tidak hanya berkaitan dengan warna kulit kamu terluar atau permukaan, tapi juga warna dasar di bawah kulit. Namanya under tone. 

 Mengidentifikasi undertone adalah kunci utama dalam memahami tone kulit. Berdasarkan kombinasi warna permukaan dan undertone, tone kulit dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori utama: tone hangat, tone sejuk, dan tone netral.

1. Tone Hangat

Tone hangat akan menimbulkan kesan hangat. Warna-warna yang terlihat hangat yaitu seperti warna emas, kuning dan sejenisnya. Ciri-ciri warna kulit cenderung kekuningan, kalau terpapar sinar matahari langsung kulitnya jadi kecoklatan dan jika kamu memilih perhiasan gunakan warna emas. Warna emas cocok untuk tone hangat.

2. Tone Sejuk

Dari namanya, tone sejuk adalah undertone yang menimbulkan kesan dingin atau sejuk. Beberapa warnanya seperti biru, ungu atau merah muda. Warna kulit ini jika terkena sinar matahari langsung jadi mudah memerah, warna kulitnya cenderung pucat dan warna perak cocok untuk perhiasannya.

3. Tone Netral

Kombinasi antara tone sejuk dan hangat, menjadikan tone netral. Tone Kulit ini cocok untuk semua warna perhiasan.

Cara Menentukan Tone Kulit

Mungkin ini bagian paling penting buat kamu, cara menentukan tone kulit kita setelah mengatahui jenis-jenis tone kulit. Ada beberapa cara menentukan tone kulit kamu dengan akurat. Yaitu :

1. Perhatikan Vein di Pergelangan Tangan

Warna vein kamu saat dibawah cahaya normal. Perhatikan baik-baik apakah warnaya kehijauan, jika iya, maka undertine kamu adalah hangat. Dan jika warnanya cenderung biru maka undertone kamu adalah sejuk.

2. Menggunakan perhiasan. 

Gunakan perhiasan yang emas dan perak. Dan mana yang menurut kamu paling pas. Jika pas yang emas artinya undertone kamu hangat dan sebaliknya jika yang cocok adalah perak maka warna undertone kamu adalah sejuk.

3. Pertimbangkan Warna Kulit Terbakar Matahari

Perhatikan saat kebiasaan terkena sinar matahari, jika saat kena sinar matahari menjadi kecoklatan maka undertone kamu adalah hangat tapi jika menjadi kemerahan maka undertone kamu sejuk.

4. Tes Kertas Putih

Saat mendekatkan kertas putih ke wajah kamu. Perhatikan dengan seksama, kalau terlihat kuning atau keemasan maka undertone kamu adalah hangat. Dan jika kemerahan atau biru, maka undertone kamu sejuk.

5. Konsultasikan dengan Makeup Artist

Bertanya pada orang yang tepat dan terbiasa dengan mengarahkan penampilan atau merias wajah. Tentunya meraka akan lebih paham dan profesional.

Jika kamu sudah bisa menentukan maka dengan mudahnya kamu akan dapat memilih warna kosmetik atau fashion sesuai dengan undertone kamu.

Memadukan Warna Pakaian dengan Tone Kulit

Beberapa rekomendasi buat kamu dalam memilih warna pakaian sesuai dengan undertone kulit kamu.

  • Jika tone kulit kamu hangat. Maka kamu harus menghindari warna seperti biru tua, ungu gelap dan warna dingin seperti abu-abu. Tapi yang harus kamu pilih adalah warna orange, krem, coklat dan kuning.
  •  Bagimana dengan Tone Sejuk? warna yang disarankan adalah warna dingin tentunya seperti ungu, abu-abu terang dan merah mudah. Dan juga warna sentuhan perak dan abu-abu bisa juga jadi alternatif.  Kebalikannya, warna yang harus dihindari seperti warna terlalu terang, coklat tanah dan kuning terang.
  • Tone Netral adalah paling tidak membingungkan. Karena hampir semua warna cocok dengan tone kulit netral. Warna netral sepeti abu-abu, putih, hitam selalu aman. Ekspolari warna juga membuat penampilan selalu berbeda.

Rekomendasi Makeup untuk Setiap Tone Kulit

Memperhatikan tone kulit dalam menentukan warna makeup juga bagian paling penting. Karena pastinya kamu semua, Sahabat Perempuan sangat ingin tampilan riasan kamu semakin membuat kamu cantik bukan sebalinya. Makanya kamu perlu mempertimbangkan saran-saran ini : 

1. Tone Hangat 

Foundation: Shade Ivory, nude baige, soft sand beige soft sand, caramel, beige juga chestnut cocok untuk kamu.  

Bedak: warna-warna dengan dasar warna kuning atau emas, seperti beige, tan, caramel, dan chestnut

Lipstik: Pilihan nude, coklate dan merah atau warna dengan dasar kuning.

Eyeshadow: coklat, bronze dan hijau muda.

2. Tone Sejuk

Foundation: Ivory, beige, pure biege, natural tan dan untuk sawo matang bisa deep bronze dan espresso untuk warna kulit yang gelap. 

Bedak: Pilihan warna seperti bitu, biru kehijauan, violet dan merah muda.

Lipstik: Warna berry, plum dan seperti merah muda

Eyeshadow: Biru, ungu dan merah muda

3. Tone Netral

Foundation: Jika kulit putih gunakan ivory, beige dan natural beige. Caramel untuk warna yang agak gelap.

Bedak: Peach, beige dan warna-warna netral lainnya

Lipstik: Pilihan warna seperti nude, pink, dan peach

Eyeshadow: Pilih warna abu-abu, coklat dan nude.

Sahabat Perempuan, saat sudah mengetahui cara menentukan undertone kulit kamu. Saatnya memantaskan diri untuk warna-warna apa yang tepat kamu kenakan. Tampilan jadi lebih menyatu dan lebih percaya diri. Dan kunci semuanya adalah pahami undertone kulit kamu dahulu, baru kamu akan menjadi mudah menentukan pilihan. Selamat mencoba.